--> Skip to main content

Cara Alami Mengatasi Gatal di Selangkangan

Cara Alami Mengatasi Gatal di Selangkangan


Cara Alami Mengatasi Gatal di Selangkangan - Suhu lembab di sekitar celana dalam ditambah dengan penuhnya aktivitas yang membuat keringatan rasanya sangat tak enak. Hal itu juga diindikasi dapat memicu pertumbuhan jamur dan kudis di bagian selangkangan.


Oleh karena itu, kita harus menjaga kondisi bagian tersebut agar tetap kering sehingga terhindar dari segala penyakit kulit. Namun jika selangkangan kita sudah terlanjur berjamur dan menimbulkan rasa gatal hingga menganggu aktivitas, sudah seharusnya segera diobati.

Sejumlah bumbu dapur yang ada di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan secara alami dari jamur membandel pada kulit. Sebagai alternatif pengobatan medis, tak ada salahnya untuk mencoba sejumlah bahan-bahan sederhana dan alami tersebut.

Berikut cara mengatasi gatal diselangkangan secara alami yaitu :


1. Menggunakan Kunyit.

Kunyit dikenal sebagai obat anti-peradangan. Salah satu zat yang terkandung dalam kunyit bernama kurkumin diyakini memiliki sifat anti-mikroba.

Pemakaian  kunyit secara rutin untuk kulit dapat mengatasi kurap dan jamur pada bagian-bagian tertentu di tubuh, salah satunya adalah selangkangan.

Caranya adalah :

  1. Haluskan kunyit lalu campurkan sedikit dengan air atau minyak kelapa. 
  2. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi jamur, kudis dan kurap. 
  3. Setelah diamkan beberapa menit lalu bilas.


2. Menggunakan Minyak Kelapa.

Minyak kelapa mengandung sejumlah zat yang dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit (jamur, kurap, kudis). Minyak kelapa dikenal ringan dan tidak susah untuk diaplikasikan pada kulit. 

Oleskan saja ke area selangkangan yang berjamur selama tiga kali sehari. Gunakan selama beberapa minggu. Jamur pada selangkangan niscaya akan berkurang atau bahkan hilang. Dan jangan lupa gunakan minyak kelapa terus menerus sebagai langkah pencegahan infeksi-infeksi berikutnya.

3. Menggunakan Bawang Putih.

Bawang putih tak hanya dapat menambah cita rasa pada makanan Anda saja. Bumbu dapur ini juga punya peran untuk mengobati infeksi pada kulit.

Bawang putih secara efektif dapat melawan kurap dan bakteri-bakteri lain seperti Trichophyton, Torulopsis, Candida, dan Cryptococcus.

Caranya:

  1. Potong bawang putih lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi jamur. Atau bisa juga haluskan sedikit bawang putih lalu campurkan dengan minyak zaitun atau kelapa. 
  2. Oleskan secara rutin di bagian selangkangan.
  3. Biarkan selama dua jam sebelum akhirnya Anda bilas sampai bersih. 
  4. Ulangi aktivitas ini dua kali dalam satu hari.



4. Menggunakan Cuka Sari Apel.

Sifat anti-jamur cuka sari apel dapat membantu mengobati gatal dan kering pada kulit Anda. Kandungan pada cuka sari apel tanpa filter mengatur pertumbuhan ragi dengan menetralisir pH.

Oleskan cuka sari apel di area yang terinfeksi menggunakan kapas. Ulangi proses hingga 3 kali sehari. Bilas setelah 15 menit maka Anda akan rasakan perbedaannya.